Sabtu, 08 Juni 2013

TANAMAN HIAS BERBAHAYA

Tanaman ini disekitar kita banyak sekali dijumpai dan dimasukkan ke dalam jenis tanaman hias. Di jawa disebut dengan tanaman beras wutah dalam bahasa asing ada yg menyebutnya (Dumb Cane = Tongkat Konyol atau Dieffenbachia), ada jg yg menyebutnya tebu bodoh, dll.

Mungkin anda pernah menjumpainya disekitar rumah, atau brgkali anda termasuk jg saya jg pernah terkena getah dari tanaman ini dan efek yg paling ringan biasanya menyebabkan rasa gatal yang sangat tidak mengenakkan dikulit anda ??

Namun selain menyebabkan rasa gatal, ada fakta mencengangkan yg membuat kita merasa miris dan bulu kuduk berdiri. karena notabene tanaman yg menghiasi rumah kita ini ternyata memiliki kandungan yang sangat berbahaya bagi kita terutama bagi anak-anak yg ada disekitar kita.

Tanaman ini adalah tanaman tropis yang merupakan salah satu tanaman paling beracun di dunia. Mengunyah pada setiap bagian dari tanaman berdaun ini menyebabkan rasa sakit di mulut dan tenggorokan, air liur berlebihan, dan dalam beberapa kasus , pembengkakan parah pada tenggorokan yang dapat menyebabkan tercekik.

Banyak kasus dimasyarakat yg mungkin tidak ter ekspose tentang bahaya keracunan dari tanaman ini. Namun ada baiknya kita utk hati-hati, terutama menyangkut keselamatan anak-anak kita yg seringkali bermain dihalaman rumah, pekarangan, dsb yg sangat dekat dengan jenis tanaman berbahaya ini.

Selain menyebabkan gatal2, dan keracunan diduga jika terkena getahnya pd mata juga dapat menyebabkan proses kebutaan. So bukan kami menakut-nakuti, namun kami menginginkan agar anda lebih waspada dengan apa yg berada disekitar kita. apa yg tampaknya cantik utk dipandang ternyata banyak org yg blm mengetahuinya bahwa tanaman tersebut sangat beracun dan berbahaya.

1 komentar: